Thursday 20 July 2017

Syarat, Prosedur dan Biaya pengurusan SKCK 2017 Medan - Sumatera Utara


    Hai blogger lovers, ketemu lagi dengan saya BUTUHILMUKAPANSAJA hehe. Kali ini saya akan berbagi i formasi tentang syarat dan prosedur pengurusan SKCk 2017. Lansung saja ya..

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian, yang dulu lebih dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), merupakan surat yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resort (Polres) setempat yang berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian.






Sumber foto : Medan.tribunnews.com

SKCK diperlukan untuk berbagai macam urusan administrasi ataupun sebagai syarat untuk Penerimaan melamar pekerjaan, dan lain sebagainya. SKCK hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika memang diperlukan.

Kadang kita berfikir mengurus SKCK bakalan ribet, padahal sama sekali tidak. Prosedur dan tata caranya mudah kok, hanya saja usahakan datang lebih cepat, agar menghindari antrian yang panjang hehe

syarat dan tata cara pengurusan SKCK di polrestabes Medan - Sumatera Utara


  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy akta kelahiran
  • Fotocopy KK (Kartu Keluarga ) 
  • pas photo 4x6 : 4 lembar latar merah


Adapun prosedur atau tata caranya :


  • Minta formulir kepada petugas, isi lah sesuai data yang ada.Kemudian, setelah selesai mengisi formulir, anda pergi keruangan sidik jari, untuk melakukan sidik jari terlebih dahulu, nanti akan di arahkan oleh petugas.Untuk pengambilan sidik jari ini, biasanya  di minta biaya seikhlasnya ( saya beri Rp.5000 hehe )meskipun hal tersebut tidak tercantum dalam PP No. 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).



  • Setelah proses sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket sebesar Rp. 30.000 ( PP No. 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai.

Jadi biaya keseluruhan dalam pengurusan SKCK ini sebesar Rp35.000.

Tidak seribet anggapan kita kok untuk mengurua SKCK ini
Terimakasih sudah mampir di blog saya, Semoga informasi ini bermanfaat :)


No comments:

Post a Comment

MonozCore train-set
© Copyright 2010 BUTUH ILMU
Welcome to BUTUH ILMU